Guiding Block untuk Jalur Tunanetra Bermutu

Guiding Block untuk Jalur Tunanetra

Guiding Block untuk Jalur Tunanetra – Banyak masyarakat khususnya yang berada di sekitar perkotaan tentunya kerap menjumpai lantai yang permukaannya memiliki corak seperti titik-titik bulat kecil ataupun berupa pola garis yang memanjang.

Keramik bertekstur ini tidak hanya difungsikan untuk memperindah tatanan kota semata, akan tetapi untuk menjadi alat pembantu dalam memandu penyandang disabilitas untuk menemukan jalan yang tepat dan yang lebih aman.

Keramik bertekstur ini sering dikenal dengan sebutan Guiding Block atau Tactile Paving. Guiding Block jalur disabilitas ini dapat disebut sebagai keramik yang memiliki tekstur dipermukaannya yang berguna untuk menjadi alat pembantu dalam mengarahkan penyandang difabel untuk menemukan jalan yang aman untuk melangkah dan mendukung penyandang Tunanetra tersebut di dalam menuju lokasi tujuan.

begitu besar kegunaan dari Guiding block tactile paving ini sebagai ubin atau keramik dengan tekstur berpola diatasnya yang dipakai untuk memberikan kemudahan pada pejalan kaki khususnya tunanetra.

Pengertian Guiding Block

Guiding Block untuk Tunanetra

Tactile paving merupakan fasilitas yang diberikan yang berupa ubin keramik yang saat ini sering dijumpai sebagai fasilitas yang diberikan kepada masyarakat baik di fasilitas berupa jalanan umum maupun pada gedung-gedung.

Tactile paving jalur difabel ini sudah banyak tertempel khususnya pada daerah perkotaan seperti Guiding Block di kota Jogja, Semarang, Jakarta, Surakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Balikpapan, dan kota-kota lainnya.

Meskipun telah banyak terpasang di berbagai tempat, sepertinya ada sebagian masyarakat yang masih belum mengerti manfaat dan kegunaan dari tactile guiding block tersebut.

Penggunaan Guiding block tactile paving ini sudah popular digunakan di berbagai negara maju bahkan telah ada peraturan perundang-undangannya untuk merealisasi jalur baik untuk penyandang difabel.

Fungsi Guiding Block

Fungsi Guiding Block untuk Tunanetra

Tujuan dari penerapan Tactile paving block ini difungsikan sebagai ubin keramik khusus yang dipasang untuk membantu memandu penyandang disabilitas agar dapat menjamin kenyamanan dan keamanan baik bagi penyandang difabel maupun untuk pejalan kaki lainnya.

Selain itu, ada beberapa fungsi dari pengaplikasian Guiding block tactile paving ini, antara lain:

1. Untuk Memandu Berjalan Penyandang Disabilitas
Tactile guiding block mempunyai fungsi utama yakni sebagai sarana di dalam mengarahkan para penyandang Tunanetra di saat berjalan dengan aman tanpa rasa resah akan mengganggu pengguna jalan lainnya.

Pada Tactile guiding block ini ada pola-pola yang berguna untuk memberikan petunjuk untuk menjadi penunjuk jalan bagi penyandang disabilitas khususnya tunanetra dalam melangkah. Pada Tactile guiding block ini terdapat 2 motif yang tidak sama yang diambil dari huruf Braile.

2 pola tersebut adalah pola garis-garis lurus yang memiliki fungsi untuk mendukung dalam memandu penyandang disabilitas, selain itu juga pola tersebut juga memiliki makna bahwa di jalan tersebut dapat terus berjalan, Guiding Block ini sering dinamakan dengan Tactile paving Line type. Tactile guiding block line type ini biasa diterapkan berderetan memanjang selaras dengan jalur jalan.

Satu motif yang lain adalah Guiding Block dengan pola titik bulat atau bulatan-bulatan kecil yang seringnya dikenal dengan sebutan Guiding Block Spot type. Tactile guiding block spot type berguna untuk memberikan isyarat untuk berhenti.

2. Memberikan keamanan bagi penderita tunanetra di saat berjalan
Walaupun memiliki kelainan pada fisiknya, seorang penyandang disabilitas tetap mempunyai hak yang sama di dalam memanfaatkan fasilitas seperti jalan, trotoar, dan sebagainya yang tersedia di masyarakat.

Dengan dipasangnya media bantu tersebut diharapkan dapat berfungsi dalam meminimalkan terjadinya resiko bahaya yang bisa menimpa penyandang difabel ketika berjalan.

Selain itu dengan adanya Tactile paving block ini bisa memberikan kemudahan akses untuk difabel serta bagi pejalan kaki lainnya.

3. Mempercantik tatanan kota
Fungsi lain dari Guiding Block ini adalah untuk menambah keindahan dari tatanan kota sebab dengan pemasangan Guiding block tactile paving ini mampu memperindah tampilan kota seperti Jalanan kota, jalan ke suatu gedung bangunan, trotoar, dan lain sebagainya.

Selain itu, tentunya dengan memasang Guiding block tactile paving ini akan mendapatkan nilai lain yaitu sebagai kota yang peduli akan kepentingan bersama tak terkecuali untuk para disabilitas.

Pemasangan Tactile Paving

Jalur Guiding Block untuk Tunanetra

Pemasangan Guiding Block ini merupakan suatu penerapan dari peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 30 tahun 2006 mengenai “Pedoman Teknis Fasilitas dan Aksesibilitas pada Bangunan Gedung dan Lingkungan”.

Salah satu aksesibilitas untuk menggunakan berbagai fasilitas-fasilitas umum untuk penyandang disabilitas terutama bagi tunanetra dengan pemasangan guiding block yang mengadaptasikan tekstur huruf braile, sehingga dapat dikenali dan dapat memudahkan bagi penyandang disabilitas.

Tactile paving block ini biasanya dipasang pada lokasi-lokasi dan sarana-sarana umum misalnya jalan taman, trotoar, terminal, stasiun, perpustakaan, Bank, dan lain sebagainya.

Kemudian adapun jalur jalan yang diberikan Guiding Block ini diantaranya yaitu pada jalur lalu lintas kendaraan, di jalur menuju tangga, di depan pintu masuk dan keluar gedung, di jalur pintu masuk dan keluar transportasi umum, jalur untuk pejalan kaki misalnya trotoar, jalur yang menghubungkan antara jalan dengan bangunan, serta jalur umum yang mengarah ke transportasi umum terdekat.

Selain di luar gedung bangunan, pemasangan Tactile paving block digunakan pada gedung bangunan kecuali rumah tinggal dan rumah deret direkomendasikan untuk diberi sarana pembantu untuk penyandang disabilitas berupa Guiding Block ini untuk membantu bagi penyandang difabel dan lanjut usia dalam melakukan kegiatan.

Saat ini penggunaan Guiding block tactile paving yang terbuat dari bahan logam lebih banyak digemari, khususnya untuk diterapkan di dalam gedung bangunan. Tactile paving yang diproduksi dari logam hingga yang tahan terhadap karat.

Pemakaian Tactile paving dari logam ini mempunyai keunggulan baik dari desainnya yang bisa menunjang lingkungan menjadi kelihatan lebih modis dan tatanan kota menjadi lebih indah dan dari segi ketahanan yang pastinya akan lebih kokoh dan tahan lama.

Dibutuhkan Tactile paving block yang berkualitas supaya dapat memperoleh manfaat yang semaksimal mungkin dari penggunaan Tactile paving tersebut untuk para difabel ataupun untuk pengguna jalan lainnya.

Supplier Guiding Block Berkualitas

v

Jika Anda membutuhkan produk Tactile guiding block ini, terutama yang dibuat dari logam yang tahan terhadap karat, kami sarankan untuk mencoba Guiding Block dari kami Ayem Tentrem Logam.

Ayem Tentrem Logam adalah perusahaan manufaktur yang menyediakan beranekaragam jenis produk turunan logam, termasuk produk Tactile paving ini. Dari Tactile guiding block yang terbuat dari logam biasa sampai Tactile guiding block yang diproduksi dari logam stainless yang tahan karat.

Untuk desainnya pun dapat sesuai dengan permintaan dari pembeli, dan pastinya tanpa menghilangkan fungsi aslinya yaitu sebagai media untuk memandu berjalan bagi Tunanetra.

Untuk informasi maupun sebelumnya ingin bertanya tentang produk Guiding block tactile paving ini dapat menghubungi nomor Telephon atau WA 0813-9399-8335 | 0813-9399-8336.

Kami AYEM TENTREM LOGAM akan selalu memberikan kepuasan dengan memberikan produk yang berkualitas dan pelayanan yang terbaik untuk setiap pelanggan kami.

Artikel

Guiding Block untuk Jalur TunanetraHarga Guiding Block untuk TunanetraJual Guiding Block untuk Tunanetra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *