Jual Guiding Block Tactile Paving Jalur Tunanetra

Jual Guiding Block Tactile Paving Jalur Tunanetra

Jual Tiang Lampu PJU – Bagi masyarakat khususnya yang bertempat tinggal di daerah kota pastinya banyak menemukan keramik yang diatasnya memiliki pola seperti titik-titik bulat kecil ataupun berupa pola garis yang memanjang.

Lantai bertekstur ini tidak hanya untuk menambah keindahan tatanan kota semata, akan tetapi untuk menjadi alat pembantu dalam memandu penyandang Tunanetra untuk menemukan jalur yang tepat dan yang lebih aman.

Keramik bertekstur ini biasa disebut dengan nama Guiding Block atau Tactile Paving. Tactile paving jalur pemandu Tunanetra ini dapat dikatakan sebagai keramik yang memiliki permukaan berpola yang berperan untuk sarana dalam mengarahkan penyandang Tunanetra untuk menemukan jalan yang tepat untuk melangkah serta membuat lebih mudah bagi penyandang difabel tersebut dalam menuju tempat tujuan.

begitu banyak manfaat dari Tactile paving ini sebagai ubin bertekstur yang difungsikan untuk memberikan kemudahan pada Tunanetra dan pejalan kaki lainnya.

Pengertian Guiding Block

Pengertian Guiding Block

Guiding block tactile paving adalah media yang berupa lantai yang sekarang ini cukup mudah dijumpai sebagai fasilitas yang diberikan oleh pemerintah baik di fasilitas pada jalanan umum maupun pada gedung-gedung.

Tactile paving block jalur difabel ini sudah banyak tertempel khususnya di kota-kota besar seperti Guiding Block di kota Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Surakarta, Surabaya, Kalimantan, Medan, Bali, dan kota-kota lainnya di seluruh Indonesia.

Walaupun telah banyak sekali tertempel di banyak lokasi, sepertinya ada sebagian orang yang kurang mengetahui peran dan fungsi dari guiding block tactile paving tersebut.

Penggunaan Tactile paving block ini telah popular dipakai di berbagai negara maju dan sekarang ini sudah ada peraturan perundang-undangannya untuk menjadikan jalur baik bagi penyandang difabel.

Fungsi Guiding Block

Guiding Block Tactile Jalur Difabel

Tujuan dari penggunaan Tactile paving block ini digunakan sebagai ubin khusus yang dipasang untuk menjadi alat pembantu dalam memandu penyandang difabel agar dapat memberikan kenyamanan dan keamanan baik untuk penyandang difabel maupun untuk pejalan kaki lainnya.

Selain itu, ada banyak fungsi dari penerapan Tactile paving block ini, antara lain:

  1. Untuk Memandu Berjalan Penderita Tunanetra
    Guiding block tactile paving mempunyai peranan utama yakni sebagai alat bantu dalam mengarahkan para penyandang disabilitas dalam berjalan dengan nyaman tanpa rasa khawatir akan mengganggu pengguna jalan lainnya.

Pada Guiding Block ini terdapat pola-pola yang berguna untuk memberikan petunjuk sebagai pemandu jalan untuk penyandang disabilitas khususnya tunanetra di saat berjalan. Pada Guiding Block ini terukir 2 motif yang tidak sama yang dipilih dari huruf Braile.

Dua pola tersebut merupakan pola garis-garis lurus yang memiliki kegunaan untuk membantu memandu penyandang Tunanetra, selain itu juga motif ini juga mempunyai arti bahwa di jalur tersebut dapat terus berjalan, Tactile paving ini sering dinamakan dengan Tactile guiding block Line type. Guiding Block line type ini biasa dilekatkan berderetan memanjang sesuai rute jalan.

Satu bentuk pola yang lain adalah Tactile paving dengan motif bulatan-bulatan kecil atau titik bulat yang sering disebut dengan nama Tactile guiding block Spot type. Guiding block tactile paving spot type berguna untuk memberikan isyarat untuk berhenti atau memberitahukan bahwa adanya perubahan situasi.

  1. Memberikan kenyamanan untuk penyandang disabilitas khususnya tunanetra di saat berjalan
    Meski memiliki kekurangan pada fisik, seorang penderita tunanetra tetap mempunyai kewajiban yang sama dalam memakai fasilitas-fasilitas umum yang tersedia pada masyarakat.

Dengan terdapatnya media bantu tersebut diharapkan bisa berfungsi dalam meminimalkan terjadinya resiko bahaya yang bisa menimpa Tunanetra di saat berjalan.

Selain itu dengan dipasangnya Guiding Block ini dapat memberikan kemudahan akses untuk difabel serta bagi pejalan kaki lainnya.

  1. Memperindah tatanan kota
    Kegunaan lain dari Guiding Block ini yaitu untuk menambah nilai keindahan dari tatanan kota sebab dengan dipasangnya Guiding block tactile paving ini dapat memperindah tampilan kota seperti trotoar, jalan taman, dan lain sebagainya.

Selain itu, pastinya dengan melakukan pemasangan Guiding Block ini akan mendapat nilai lebih lainnya yaitu sebagai kota yang peduli akan kebutuhan bersama tak terkecuali untuk para penyandang difabel.

Pemasangan Tactile Paving Block

Pemasangan Guiding Block Tactile Paving Jalur Tunanetra

Pemasangan Guiding Block ini merupakan suatu penerapan dari peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 30 tahun 2006 mengenai “Pedoman Teknis Fasilitas dan Aksesibilitas pada Bangunan Gedung dan Lingkungan”.

Salah satu aksesibilitas untuk menggunakan berbagai fasilitas-fasilitas umum untuk penyandang disabilitas terutama bagi tunanetra dengan pemasangan guiding block yang mengadaptasikan tekstur huruf braile, sehingga dapat dikenali dan dapat memudahkan bagi penyandang disabilitas.

Guiding Block ini biasanya dipakai pada tempat-tempat dan fasilitas-fasilitas umum misalnya trotoar, jalan-jalan, jalan taman, terminal, stasiun, Bank, dan lain sebagainya.

Kemudian adapun jalur-jalur yang dipasangi dengan Guiding Block ini diantaranya yaitu pada jalur untuk pejalan kaki misalnya saja trotoar, jalur penghubung antara jalan dan suatu gedung bangunan, serta jalur yang mengarah ke tempat transportasi umum terdekat, jalur menuju tangga, jalur menuju pintu masuk maupun keluar, dan jalur lainnya.

Selain di luar gedung bangunan, pemasangan Tactile paving block diterapkan pada gedung kecuali rumah pribadi dan rumah deret dianjurkan untuk menggunakan sarana pembantu untuk penyandang disabilitas berupa Guiding Block ini untuk membantu bagi penyandang Tunanetra dan lanjut usia dalam melakukan kegiatan.

Saat ini penerapan Tactile paving yang terbuat dari material logam lebih banyak digunakan, terlebih untuk diterapkan pada dalam bangunan. Guiding Block yang diproduksi dari logam terutama yang tahan dengan karatan.

Penggunaan Guiding Block dari logam ini mempunyai kelebihan baik dari desainnya yang sanggup menunjang lingkungan menjadi tampak lebih modis dan tatanan kota menjadi lebih menarik dan dari segi ketahanan yang tentunya akan lebih kokoh dan tahan lama.

Dibutuhkan Guiding block tactile paving yang bermutu supaya dapat memperoleh manfaat yang maksimal dari pemakaian Tactile guiding block tersebut bagi para Tunanetra ataupun untuk masyarakat lainnya.

Supplier Guiding Block Berkualitas

Jual Guiding Block Tactile Paving Jalur Tunanetra

Apabila Anda menginginkan produk Guiding block tactile paving ini, terutama yang terbuat dari logam yang tahan terhadap karatan, kami mereferensikan untuk memilih Guiding Block dari kami Ayem Tentrem Logam.

Ayem Tentrem Logam adalah perusahaan manufaktur yang menyediakan beranekaragam jenis produk turunan logam, termasuk produk Tactile paving guiding block ini. Dari Tactile guiding block yang diproduksi dari logam biasa sampai Tactile guiding block yang diproduksi dari bahan stainless yang tahan karat.

Untuk desainnya pun dapat sesuai dengan request dari pembeli, dan tentunya tanpa menghilangkan fungsi aslinya yaitu sebagai media untuk membantu menjadi jalur pemandu bagi penyandang difabel.

Untuk informasi maupun bertanya mengenai produk Guiding Block ini dapat menghubungi nomor Telephon atau WA 0813-9399-8335 | 0813-9399-8336..

Kami AYEM TENTREM LOGAM akan selalu memberikan kepuasan dengan memberikan produk yang berkualitas dan pelayanan yang terbaik untuk setiap pelanggan kami.

Artikel

Guiding Block Tactile Paving Jalur TunanetraJual guiding blockJual Guiding Block Tactile Paving

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *